BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas merupakan faktor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidang kehidupan.
Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer).
Harapan inilah yang menjadi tujuan utama pendidikan sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD’45 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No.19 tahun 2003.
Pendidikan sejatinya harus mampu menumbuhkan jiwa patriotik dan kesetiakawanan sosial yang tinggi pada peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa perlu dikembangkan iklim belajar mengajar yang kondusif dan dapat mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri tinggi. Selain itu juga, para pendidik harus mampu menciptakan suasana Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di jenjang pendidikan dasar dan menengah, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, Ruang Kelas yang permanen, kokoh dan representatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut.
Mencermati harapan-harapan di atas dan melihat kondisi riil SMAN 1 Cimahi, yang sudah berkiprah sejak tahun 1964 dalam membina dan mendidik para siswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang, kami merasakan tantangan yang sangat berat, sementara kondisi sarana dan prasarana yang ada kurang memadai. SMAN 1 Cimahi yang dibangun sekitar tahun 1964, berdiri diatas tanah seluas 2.760.m2.
Kondidi bangunan seperti ini bukan berarti kurang mendapat perhatian, baik dari pihak sekolah maupun masyarakat, namun karena kemampuan yang sangat terbatas, kami hanya bisa berpangku tangan, sambil tetap berupaya untuk menjaga kelangsungan KBM dan senantiasa memiliki sikap optimisme yang besar, bahwa kelak akan ada pihak yang peduli dengan kondisi tersebut.
Padahal, jika melihat kiprah dan keberhasilan para siswa didik yang telah dan sedang menempuh pendidikan di SMAN 1 Cimahi, sudah memberikan prestasi yang pantas dibanggakan. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti oleh siswa kami, baik bidang akademis maupun umum, telah menyumbang kejuaraan yang membanggakan. Apalagi para alumninya yang kini telah duduk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan yang sudah berkiprah di masyarakat, pun banyak yang pantas dibanggakan. Hal ini merupakan wujud keberhasilan pendidikan di SMAN 1 Cimahi. Walapun dengan sarana dan prasarana yang sangat terbatas.
Oleh karena itulah, melalui proposal ini, kami bermaksud untuk merehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi, berikut melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, sehingga diharapkan SMAN 1 Cimahi tidak tertinggal terlalu jauh dari sekolah-sekolah setingkat lainnya dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat. Insya Allah.
B. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
a. merehabilitas Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi, terutama yang kurang memadai,
b. melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran agar representatif, memadai dan menunjang proses belajar mengajar.
2. Tujuan
a. meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektivitas pembelajaran
b. Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan
c. Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI SMAN 1 CIMAHI
A. VISI DAN MISI
Visi SMAN 1 Cimahi
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan global mampu berkompetensi di tingkat pendidikan yang lebih lanjut dan berhasil dalam kehidupan di masyarakat.
MISI :
1. Meningkatkan mutu Akademis
2. Meningkatkan mutu non Akademis
3. Membangun dan mengembangkan imajinasi
4. Mengembangkan dan membimbing keagamaan
5. Membina dan mengembangkan disiplin dan ketertiban.
B. STRATEGI
1. Meningkatkan fungsi dan peran kepala sekolah sebagai administrator, manajer dan supervisor
2. Meningkatkan hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah setingkat
3. Memantapkan koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga sekolah
4. Meniungkatkan hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai sekolah
5. Meingkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga organisasi Muhammadiyah
6. Menatapkan dan meningkatkan pelaksanaan 5K
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN
RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN
A. Rencana Program
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Gununghalu ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Merehabilitasi 3 ruang Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi
2. Pemasangan dinding tembok dengan keramik untuk semua ruangan kelas dan kantor
3. Penambahan meubelaer
4. Pemasangan paving blok halaman sekolah
5. Pemasangan trails jendela ruang kelas
B. Rencana Pelaksanaan
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan rehabilitasi tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Komite Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, pimpinan sekolah dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
C. Rincian Anggaran
URAIAN PEKERJAAN JUMLAH BIAYA (Rp.)
No | Jenis Rehab | Biaya |
1 | Pekerjaan Bongkaran | 5.000.000 |
2 | Pekerjaan Pasangan | 15.000.000 |
3 | Pembelian Keramik | 10.000.000 |
4 | Penambahan Meubelaer | 7.500.000 |
5 | Pekerjaan Pembuatan Tralis | 7.500.000 |
6 | Upah Kerja | 5.000.000 |
JUMLAH | 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) |
BAB IV
PROFIL / KEADAAN SEKOLAH
A. Data Sekolah
I. IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Cimahi
2. Nama Kepala Sekolah : Drs.Asep Ikhsan
3. Nomor Statistik Sekolah : 301020802001/202224113
4. Alamat Sekolah
Jalan : Pacinan No.22A Cimahi
Kelurahan : Cimahi
Kecamatan : Cimahi Tengah
Kota : Cimahi
Kode Pos : 40525
Provinsi : Jawa Barat
Telepon/Fax : (022) 6654778
E-Mail : htt/www.sman1_cimahi/yahoo.com
5. Status : Negeri
6. Tahun Pendirian : 1964
7. Akreditasi : A ( Amat Baik )
8. Tahun Akreditasi : 2007
2. INFORMASI REKENING
1. Nomor Rekening : 00091-01-50-022120-C
2. Nama Bank : Bank BTN - cabang Cimahi
3. Nama Pemegang Rekening : Drs.Asep Ikhsan (Kepala Sekolah)
Dadang Mulyadi,S.Pd
B. Kedaan Siswa
A. DATA SEKOLAH
1) Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar
Jenis Kelamin | Kelas I | Kelas II | Kelas III | Total | |||
IPS | IPA | IPA | IPS | BHS | | ||
Laki – laki | 146 | 55 | 81 | 61 | 70 | - | 416 |
Perempuan | 231 | 92 | 148 | 111 | 86 | - | 688 |
Jumlah siswa | 377 | 147 | 229 | 172 | 156 | - | 1104 |
Jumlah Rombel | 9 | 2 | 7 | 5 | 4 | - | 27 |
2) Jumlah Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan | Jumlah | % | Status Kepegawaian | Jumlah | % |
Dokter (S-3) | - | - | Guru tetap yayasan | - | - |
Magister (S-2) | 5 | 5 | Guru Negeri (PNS) | 60 | 99 |
Sarjana (S-1) | 59 | 93 | Guru PNS Depag | 2 | 1 |
Sarjana Muda (D-III) | 1 | 2 | Guru bantu (GBS) | | |
Diploma II (D-II) | - | - | Guru tidak tetap | | |
Diploma I (D-I) | - | - | | | |
SLTA | - | - | | | |
Total | 65 | 100 | | 62 | 100 |
3) Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan | Jumlah | % | Status Kepegawaian | Jumlah | % |
Dokter (S-3) | - | - | Guru tetap yayasan | - | - |
Magister (S-2) | - | - | Guru Negeri (PNS) | - | - |
Sarjana (S-1) | - | - | Guru PNS Depag | 6 | 66 |
Sarjana Muda (D-III) | - | - | Guru bantu (GBS) | | - |
Diploma II (D-II) | - | - | Guru tidak tetap | 3 | 34 |
Diploma I (D-I) | - | - | | | |
SLTA | 9 | 100 | | | |
Total | 9 | 100 | | 9 | 100 |
4) Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan | Jumlah |
Tata Usaha | 7 |
Pustakawan | 1 |
Laboran | - |
Teknisi | 1 |
Kebersihan | 3 |
Keamanan | 2 |
Lainnya | - |
Total | 14 |
5) Jumlah Ruang Kelas
Kondisi Ruang Kelas | Jumlah | Persen |
Baik | 18 | 100 |
Rusak Ringan | - | - |
Rusak Berat | - | - |
Total | 16 | 100 |
6) Perpustakaan
1. Koleksi Buku :
Jenis Buku | Jumlah | Persen |
Buku Pelajaran | 850 ex | |
Buku Penunjang | 234 ex | |
Buku Bacaan | 126 jd | |
Total | | |
Luas Perpustakaan : 72 m2
2. Lapangan Olah Raga :
Jenis Lapangan | Jumlah |
1. Basket / Tenis | 1 |
2. Bulu tangkis | - |
3. | |
Total | 1 |
7) Laboratorium dan Ruang Praktek
Jenis Ruangan | Luas (m2) | Kondisi & Pemanfaatan |
Laboratorium IPA | 72 | Baik |
Laboratorium Bahasa | 64 | Baik |
Laboratorium Komputer | 64 | Baik |
8) Prestasi Akademik (Rata – rata Nilai UAN)
Jurusan | Mata Ujian | Tahun 2008-2009 | Tahun 2009 - 2010 | Keterangan |
Jurusan IPA | Bahasa Indonesia | 7,41 | 8,81 | |
Matematika | 7,96 | 8,78 | | |
Bahasa Inggris | 7,74 | 8,71 | | |
Jurusan IPS | Bahasa Indonesia | 7,13 | 8,71 | |
Ekonomi | 8,31 | 8,18 | | |
Bahasa Inggris | 7,52 | 7,09 | | |
Jurusan Bhs. | Bahasa Indonesia | - | - | |
Bahasa Inggris | - | - | |
9) Indikator dan Kelayakan Kinerja
No. | Indikator | Hasil | Standar | Keterangan |
1. | Rasio Ruang Kelas / Rombongan Belajar | | 1 : 1 | |
2. | Pemanfaatan Laboratorium / Minggu | | 5 : 1 | |
3. | Rata – rata Murid / Kelas | | 40 | |
4. | Rasio Guru / Murid | | 1 : 28 | |
5. | Persentase Kelayakan Kualifikasi Guru | | > 60 % | |
6. | Persentase Guru Tetap | | > 60 % | |
7. | Persentase guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan | | > 60 % | |
8. | Persentase Kehadiran Guru | | 1 : 3 | |
9. | Persentase Kehadiran Tata Usaha | | 90 % | |
10. | Persentase Kehadiran Siswa | | 90 % | |
11. | Persentase Kelulusan Siswa | | 90 % | |
12. | Persentase Kehadiran Tata Usaha | | 35 % | |
13. | Persentase Ketuntasan Belajar | | 75 % | |
14. | Persentase Siswa putus Sekolah | | 0 % | |
15. | Persentase Siswa mengulang | | 0 % | |
16. | Persentase Siswa yang diterima | | ....... | |
17. | Rasio Jumlah Buku Pelajaran / Jumlah Siswa | | 1 : 1 | |
BAB V
PENUTUP
Demikian proposal rencana rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi Kota Cimahi ini disusun sebagai pedoman bagi komite (panitia) untuk melaksanakan tugasnya dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan turut membantu terlaksananya rencana ini.
Akhirnya hanya kepada Allah kita gantungkan segala harapan dan keinginan disertai dengan do’a semoga Dia senantiasa mengetuk hati hamba-hamba-Nya, terutama yang telah diberi rizki yang berlebih, untuk mengulurkan bantuannya bagi terlaksananya rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi.
Cimahi, Juli 2010
Ketua Komite Sekolah, Kepala SMAN 1 Cimahi,
Hamim Aris Mufti Drs.Asep Ikhsan
NIP. 195704101982031010
Pembina Tk.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar