Minggu, 14 November 2010

PROPOSAL


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas merupakan faktor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidang kehidupan.
Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer).
Harapan inilah yang menjadi tujuan utama pendidikan sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD’45 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No.19 tahun 2003.
Pendidikan sejatinya harus mampu menumbuhkan jiwa patriotik dan kesetiakawanan sosial yang tinggi pada peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa perlu dikembangkan iklim belajar mengajar yang kondusif dan dapat mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri tinggi. Selain itu juga, para pendidik harus mampu menciptakan suasana Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di jenjang pendidikan dasar dan menengah, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, Ruang Kelas yang permanen, kokoh dan representatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut.
Mencermati harapan-harapan di atas dan melihat kondisi riil SMAN 1 Cimahi, yang sudah berkiprah sejak tahun 1964 dalam membina dan mendidik para siswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang, kami merasakan tantangan yang sangat berat, sementara kondisi sarana dan prasarana yang ada kurang memadai. SMAN 1 Cimahi yang dibangun sekitar tahun 1964, berdiri diatas tanah seluas 2.760.m2.
Kondidi bangunan seperti ini bukan berarti kurang mendapat perhatian, baik dari pihak sekolah maupun masyarakat, namun karena kemampuan yang sangat terbatas, kami hanya bisa berpangku tangan, sambil tetap berupaya untuk menjaga kelangsungan KBM dan senantiasa memiliki sikap optimisme yang besar, bahwa kelak akan ada pihak yang peduli dengan kondisi tersebut.

Padahal, jika melihat kiprah dan keberhasilan para siswa didik yang telah dan sedang menempuh pendidikan di SMAN 1 Cimahi, sudah memberikan prestasi yang pantas dibanggakan. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti oleh siswa kami, baik bidang akademis maupun umum, telah menyumbang kejuaraan yang membanggakan. Apalagi para alumninya yang kini telah duduk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan yang sudah berkiprah di masyarakat, pun banyak yang pantas dibanggakan. Hal ini merupakan wujud keberhasilan pendidikan di SMAN 1 Cimahi. Walapun dengan sarana dan prasarana yang sangat terbatas.
Oleh karena itulah, melalui proposal ini, kami bermaksud untuk merehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi, berikut melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, sehingga diharapkan SMAN 1 Cimahi tidak tertinggal terlalu jauh dari sekolah-sekolah setingkat lainnya dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat. Insya Allah.
B. Maksud dan Tujuan
1.   Maksud
a.   merehabilitas Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi, terutama yang kurang memadai,
b.   melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran agar representatif, memadai dan menunjang proses belajar mengajar.


2. Tujuan
a.   meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektivitas pembelajaran
b.   Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan
c.   Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.





















BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI SMAN 1 CIMAHI

A.   VISI DAN MISI
Visi SMAN 1 Cimahi
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan global mampu berkompetensi di tingkat pendidikan yang lebih lanjut dan berhasil dalam kehidupan di masyarakat.
MISI :
1.    Meningkatkan mutu Akademis
2.    Meningkatkan mutu non Akademis
3.    Membangun dan mengembangkan imajinasi
4.    Mengembangkan dan membimbing keagamaan
5.    Membina dan mengembangkan disiplin dan ketertiban.

B. STRATEGI
1.    Meningkatkan fungsi dan peran kepala sekolah sebagai administrator, manajer dan supervisor
2.    Meningkatkan hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah setingkat
3.    Memantapkan koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga sekolah
4.    Meniungkatkan hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai sekolah
5.    Meingkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga organisasi Muhammadiyah
6.    Menatapkan dan meningkatkan pelaksanaan 5K







BAB III
RENCANA PROGRAM DAN
RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN


A.   Rencana Program
                        Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Gununghalu ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1.   Merehabilitasi 3  ruang Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi
2.   Pemasangan dinding tembok dengan keramik untuk semua ruangan kelas dan kantor
3.   Penambahan meubelaer
4.   Pemasangan paving blok halaman sekolah
5.   Pemasangan trails jendela ruang kelas

B. Rencana Pelaksanaan
      Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan rehabilitasi tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Komite Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, pimpinan sekolah dan masyarakat , sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).

C. Rincian Anggaran
URAIAN PEKERJAAN JUMLAH BIAYA (Rp.)
No
Jenis Rehab
Biaya
1
Pekerjaan Bongkaran
5.000.000
2
Pekerjaan Pasangan
             15.000.000
3
Pembelian Keramik
10.000.000             
4
Penambahan Meubelaer
7.500.000
5
Pekerjaan Pembuatan Tralis
7.500.000
6
Upah Kerja
5.000.000
JUMLAH
50.000.000
(lima puluh juta rupiah)























BAB IV
PROFIL / KEADAAN SEKOLAH

A. Data Sekolah
I. IDENTITAS SEKOLAH
1.      Nama Sekolah                               :   SMA Negeri 1 Cimahi
2.      Nama Kepala Sekolah                   :   Drs.Asep Ikhsan
3.      Nomor Statistik Sekolah               :   301020802001/202224113
4.      Alamat Sekolah
Jalan                                              :   Pacinan No.22A Cimahi
Kelurahan                                      :   Cimahi
Kecamatan                                                :   Cimahi Tengah
Kota                                              :   Cimahi
Kode Pos                                      :   40525
Provinsi                                         :   Jawa Barat
Telepon/Fax                                  :   (022) 6654778
E-Mail                                           :   htt/www.sman1_cimahi/yahoo.com
5.       Status                                            :   Negeri
6.       Tahun Pendirian                            :   1964
7.       Akreditasi                                     :   A ( Amat  Baik )
8.       Tahun Akreditasi                          :   2007
2.  INFORMASI REKENING
1.       Nomor Rekening                           :   00091-01-50-022120-C
2.       Nama Bank                                   :   Bank  BTN  - cabang Cimahi
3.        Nama Pemegang Rekening           :   Drs.Asep Ikhsan (Kepala Sekolah)
                                                                              Dadang Mulyadi,S.Pd
                                                              




B. Kedaan Siswa
A.      DATA SEKOLAH
1)      Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar
Jenis Kelamin
Kelas I
Kelas II
Kelas III
Total
IPS
IPA
IPA
IPS
BHS

Laki – laki
146
55
81
61
70
-
416
Perempuan
231
92
148
111
86
-
688
Jumlah siswa
377
147
229
172
156
-
1104
Jumlah Rombel
9
2
7
5
4
-
27

2)    Jumlah Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan
Jumlah
%
Status Kepegawaian
Jumlah
%
Dokter (S-3)
-
-
Guru tetap yayasan
-
-
Magister (S-2)
5
5
Guru Negeri (PNS)
60
99
Sarjana (S-1)
59
93
Guru PNS Depag
2
1
Sarjana Muda (D-III)
1
2
Guru bantu (GBS)


Diploma II (D-II)
-
-
Guru tidak tetap


Diploma I (D-I)
-
-



SLTA
-
-



Total
65
100

62
100

3)      Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan
Jumlah
%
Status Kepegawaian
Jumlah
%
Dokter (S-3)
-
-
Guru tetap yayasan
-
-
Magister (S-2)
-
-
Guru Negeri (PNS)
-
-
Sarjana (S-1)
-
-
Guru PNS Depag
6
66
Sarjana Muda (D-III)
-
-
Guru bantu (GBS)

-
Diploma II (D-II)
-
-
Guru tidak tetap
3
34
Diploma I (D-I)
-
-



SLTA
9
100



Total
9
100

9
100

4)      Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan
Jumlah
Tata Usaha
7
Pustakawan
1
Laboran
-
Teknisi
1
Kebersihan
3
Keamanan
2
Lainnya
-
Total
14



5)   Jumlah Ruang Kelas

Kondisi Ruang Kelas
Jumlah
Persen
Baik
18
100
Rusak Ringan
-
-
Rusak Berat
-
-
Total
16
100

6)      Perpustakaan
1.     Koleksi Buku  :

Jenis Buku

Jumlah

Persen
Buku Pelajaran
850 ex

Buku Penunjang
234 ex

Buku Bacaan
126 jd

Total


Luas Perpustakaan          :   72  m2
2.    Lapangan Olah Raga  :


Jenis Lapangan
Jumlah
1. Basket / Tenis
1
2. Bulu tangkis
-
3.

Total
1

7)      Laboratorium dan Ruang Praktek
Jenis Ruangan
Luas (m2)
Kondisi & Pemanfaatan
Laboratorium IPA
72
Baik
Laboratorium Bahasa
64
Baik
Laboratorium Komputer
64
Baik

8)   Prestasi Akademik (Rata – rata Nilai UAN)

Jurusan
Mata Ujian
Tahun
2008-2009
Tahun
 2009 - 2010
Keterangan
Jurusan IPA
Bahasa Indonesia
7,41
8,81

Matematika
7,96
8,78

Bahasa Inggris
7,74
8,71

Jurusan IPS
Bahasa Indonesia
7,13
8,71

Ekonomi
8,31
8,18

Bahasa Inggris
7,52
7,09

Jurusan Bhs.
Bahasa Indonesia
-
-

Bahasa Inggris
-
-



9)         Indikator dan Kelayakan Kinerja

No.
Indikator
Hasil
Standar
Keterangan
1.
Rasio Ruang Kelas / Rombongan Belajar

1 : 1

2.
Pemanfaatan Laboratorium / Minggu

5 : 1

3.
Rata – rata Murid / Kelas

40

4.
Rasio Guru / Murid

1 : 28

5.
Persentase Kelayakan Kualifikasi Guru

> 60 %

6.
Persentase Guru Tetap

> 60 %

7.
Persentase guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan

> 60 %

8.
Persentase Kehadiran Guru

1 : 3

9.
Persentase Kehadiran Tata Usaha

90 %

10.
Persentase Kehadiran Siswa

90 %

11.
Persentase Kelulusan Siswa

90 %

12.
Persentase Kehadiran Tata Usaha

35 %

13.
Persentase Ketuntasan Belajar

75 %

14.
Persentase Siswa putus Sekolah

0 %

15.
Persentase Siswa mengulang

0 %

16.
Persentase Siswa yang diterima

.......

17.
Rasio Jumlah Buku Pelajaran / Jumlah Siswa

1 : 1
















BAB V
PENUTUP

Demikian proposal rencana rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi Kota Cimahi ini disusun sebagai pedoman bagi komite (panitia) untuk melaksanakan tugasnya dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan turut membantu terlaksananya rencana ini.
Akhirnya hanya kepada Allah kita gantungkan segala harapan dan keinginan disertai dengan do’a semoga Dia senantiasa mengetuk hati hamba-hamba-Nya, terutama yang telah diberi rizki yang berlebih, untuk mengulurkan bantuannya bagi terlaksananya rehabilitasi Ruang Kelas SMAN 1 Cimahi.

Cimahi,    Juli 2010
 Ketua Komite Sekolah,                             Kepala SMAN 1 Cimahi,



Hamim Aris Mufti                                                    Drs.Asep Ikhsan
                                                                                    NIP. 195704101982031010
                                                                                    Pembina Tk.I






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar