BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan. Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan calon-calon penerus pembanguan masa depan yang sabar, kompeten, mandiri, kritis, rasional, kreatif dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal terhadap penciptanya. Bahwa apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak Illahi yang harus dihadapi dan disyukuri. Berdasarkan kepentingan tersebut SMA Negeri 1 Cimahi sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama. Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah program peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.
B. DASAR HUKUM
1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004 .
3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan .
4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 084/U/2002, Tentang Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah : Memberikan gambaran yang jelas tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta masalah -masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun ( jangka panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2009 -2010 (jangka pendek).
Sebagai pedoman kerja semua personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar, megelola dan membina kegiatan pelajaran tahun pelajaran 2009-2010.
Tujuan program kerja ini :
Tujuan program kerja ini :
1. Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung
2. Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan sekolah
3. Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja .
4. Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.
D. RUANG LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program kerja ini meliputi :
a. Program kerja jangka panjang ( 8 tahunan )
b. Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c. Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan )
E. SASARAN PROGRAM
Sasaran program kerja ini adalah memperlancar kegiatan sekolah yang meliputi ke tiga program kerja tersebut.
BAB II
PROFIL SEKOLAH
A. Visi Misi dan Tujuan Sekolah
a. Visi Sekolah
Menghasilakan tulusan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan global mampu berkompetensi di tingkat pendidikan yang lebih lanjut dan berhasil dalam kehidupan di masyarakat secara mandiri .
b. Misi Sekolah
1. Meningkatkan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
2. Memberikan keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma ajaran agama yang dianutnya.
3. Menumbuhkan pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
4. Melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
5. Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
6. Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa baik secara akademik maupun non akademik.
7. Melaksanakan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.
c. Tujuan Sekolah
1 Pada tahun pelajaran 2009-2010, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan masyarakat.
2 Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
3 Pada tahun pelajaran 2009-2010 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat Kabupaten.
4 Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
5 Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
6 Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
7 Pada tahun pelajaran 2009-2010 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu hidup secara mandiri.
B. DATA SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Cimahi
2. Nama Kepala Sekolah : Drs.Asep Ikhsan
3. Nomor Statistik Sekolah : 301020802001/202224113
4. Alamat Sekolah
Jalan : Pacinan No.22A Cimahi
Kelurahan : Cimahi
Kecamatan : Cimahi Tengah
Kota : Cimahi
Kode Pos : 40525
Provinsi : Jawa Barat
Telepon/Fax : (022) 6654778
E-Mail : htt/www.sman1_cimahi/yahoo.com
5. Status : Negeri
6. Tahun Pendirian : 1964
7. Akreditasi : A ( Amat Baik )
8. Tahun Akreditasi : 2007
C. DATA SEKOLAH
1) Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar
Jenis Kelamin | Kelas I | Kelas II | Kelas III | Total | |||
IPS | IPA | IPA | IPS | BHS | | ||
Laki – laki | 146 | 55 | 81 | 61 | 70 | - | 413 |
Perempuan | 231 | 92 | 148 | 111 | 86 | - | 668 |
Jumlah siswa | 377 | 147 | 229 | 172 | 156 | - | 1081 |
Jumlah Rombel | 9 | 4 | 5 | 4 | 4 | - | 26 |
2) Jumlah Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan | Jumlah | % | Status Kepegawaian | Jumlah | % |
Dokter (S-3) | - | - | Guru tetap yayasan | - | - |
Magister (S-2) | 5 | 5 | Guru Negeri (PNS) | 60 | 99 |
Sarjana (S-1) | 59 | 93 | Guru PNS Depag | 2 | 1 |
Sarjana Muda (D-III) | 1 | 2 | Guru bantu (GBS) | | |
Diploma II (D-II) | - | - | Guru tidak tetap | | |
Diploma I (D-I) | - | - | | | |
SLTA | - | - | | | |
Total | 65 | 100 | | 62 | 100 |
3) Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi Pendidkan | Jumlah | % | Status Kepegawaian | Jumlah | % |
Dokter (S-3) | - | - | Guru tetap yayasan | - | - |
Magister (S-2) | - | - | Guru Negeri (PNS) | - | - |
Sarjana (S-1) | - | - | Guru PNS Depag | 6 | 66 |
Sarjana Muda (D-III) | - | - | Guru bantu (GBS) | | - |
Diploma II (D-II) | - | - | Guru tidak tetap | 3 | 34 |
Diploma I (D-I) | - | - | | | |
SLTA | 9 | 100 | | | |
Total | 9 | 100 | | 9 | 100 |
4) Jumlah Tenaga Non - Guru Berdasarkan Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan | Jumlah |
Tata Usaha | 7 |
Pustakawan | 1 |
Laboran | - |
Teknisi | 1 |
Kebersihan | 3 |
Keamanan | 2 |
Lainnya | - |
Total | 14 |
5) Jumlah Ruang Kelas
Kondisi Ruang Kelas | Jumlah | Persen |
Baik | 18 | 100 |
Rusak Ringan | - | - |
Rusak Berat | - | - |
Total | 16 | 100 |
6) Perpustakaan
1. Koleksi Buku :
Jenis Buku | Jumlah | Persen |
Buku Pelajaran | 850 ex | |
Buku Penunjang | 234 ex | |
Buku Bacaan | 126 jd | |
Total | | |
7) Lapangan Olah Raga :
Jenis Lapangan | Jumlah |
1. Basket / Tenis | 1 |
2. Bulu tangkis | - |
3. | |
Total | 1 |
8) Laboratorium dan Ruang Praktek
Jenis Ruangan | Luas (m2) | Kondisi & Pemanfaatan |
Laboratorium IPA | 72 | Baik |
Laboratorium Bahasa | 64 | Baik |
Laboratorium Komputer | 64 | Baik |
9) Prestasi Akademik (Rata – rata Nilai UAN)
Jurusan | Mata Ujian | Tahun 2007-2008 | Tahun 2008 - 2009 | Keterangan |
Jurusan IPA | Bahasa Indonesia | 7,41 | 8,81 | |
Matematika | 7,96 | 8,78 | | |
Bahasa Inggris | 7,74 | 8,71 | | |
Jurusan IPS | Bahasa Indonesia | 7,13 | 8,71 | |
Ekonomi | 8,31 | 8,18 | | |
Bahasa Inggris | 7,52 | 7,09 | | |
Jurusan Bhs. | Bahasa Indonesia | - | - | |
Bahasa Inggris | - | - | |
10) Indikator dan Kelayakan Kinerja
No. | Indikator | Hasil | Standar | Keterangan |
1. | Rasio Ruang Kelas / Rombongan Belajar | | 1 : 1 | |
2. | Pemanfaatan Laboratorium / Minggu | | 5 : 1 | |
3. | Rata – rata Murid / Kelas | | 40 | |
4. | Rasio Guru / Murid | | 1 : 28 | |
5. | Persentase Kelayakan Kualifikasi Guru | | > 60 % | |
6. | Persentase Guru Tetap | | > 60 % | |
7. | Persentase guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan | | > 60 % | |
8. | Persentase Kehadiran Guru | | 1 : 3 | |
9. | Persentase Kehadiran Tata Usaha | | 90 % | |
10. | Persentase Kehadiran Siswa | | 90 % | |
11. | Persentase Kelulusan Siswa | | 90 % | |
12. | Persentase Kehadiran Tata Usaha | | 35 % | |
13. | Persentase Ketuntasan Belajar | | 75 % | |
14. | Persentase Siswa putus Sekolah | | 0 % | |
15. | Persentase Siswa mengulang | | 0 % | |
16. | Persentase Siswa yang diterima | | ....... | |
D. SUMBER DAYA TENAGA EDUKATIF DAN ADMINISTRATIF
1. Data Keadaan Guru Tahun Pelajaran 2009/2010 terlampir
2. Data Kelebihan Kekurangan Guru (DSO) terlampir
3. Data Tenaga Administratif terlampir
F. KEGIATAN EKSTRAKULIKULER YANG DISELENGGARAKAN SEKOLAH
1. Pramuka
2. Palang Merah Remaja
3. Remaja Masjid
4. Kelompok Ilmiah Remaja
5. Olah Raga
6. Seni dan Budaya
BAB III
PROGRAM JANGKA PANJANG DAN JANGKA MENENGAH
A. PROGRAM JANGKA PANJANG SMA NEGERI 1 CIMAHI PERIODE TAHUN 2009-2010
Prioritas program kegiatan jangka panjang tahun 2009-2010 dititik beratkan pada peningkatan mutu, meliputi :
1. Menyusun strategi pelaksanaan pengembangan profesional guru dan TU melalui IHT, penataran, diklat, seminar maupun pendidikan jalur strata.
2. Melengkapi dokumen kurikululm 2004 dengan kurikulum internasional
3. Meneyelenggarakan sekolah sekolah yang berstandar internasional
4. Mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum 2004 secara lengkap dan menyeluruh
5. Meningkatkan kompetensi guru dalam rangka pelaksanaan KTSP dan life skill
6. Mengembangakan model pembelajaran melalui jaringan internet (website)
7. Merencanakan dan melaksanakan ujian nasional dan dapat mengatasi permasalahan yang timbul pada tahap proses kelulusan.
8. Identifikasi impikasi pelaksaan kurikulum berbasis kompetensi terhadap manajemen sekolah.
9. Merenvanakan dan melaksanakan School Reform and Classroom
10. dalam kontek MPMBS.
11. Mengembangkan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi diri.
12. Mengembangkan manajemen sekolah yang transparan, akuntabilitas, kolaborasi, kemandirian, kondusif, berdasarkan kontek MPMBS
13. Mengembangkan kultur sekolah yang kondusif dan memotivikasi belajar siswa serta mengembangkan hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
14. Pengembangan program inovasi dan kreativitas siswa serta program pemberantasan narkoba dan sex bebas.
15. Mengembangkan administrasi sekolah melalui komputerisasi data dan jaringan internet.
16. Melengkapi bangunan gedung sekolah.
17. Melengkapi bangunan Lab IPA (Fisika, Biologi dan Kimia)
18. Membangun Gedung olah raga dan kesenian
B. PROGRAM JANGKA MENENGAH SMA NEGERI 1 CIMAHI PERIODE TAHUN 2009-2010
1. Kurikulum dan Pembelajaran
· Pengembangan Kurikululm nasional dan mengadopsi kurikulum internasional
· Peningkatan mutu proses pembelajaran
· Memberdayakan fungsi litbang
· Mengadakan workshop
· Mengadakan study banding
· Merevitalisasi internet
· Mengadakan IHT
· Merevitalisasi MGMP dan MGP
· Melaksanakan clasroom reform
· Retorientasi pembelajaran
· Melaksanakan penelitian tindakan kelas
· Mengadakan supervisi kelas
· Melengkapi media, sumber alat dan ajar
2. Kesiswaan
· Organisasi kesiswaan
· Latihan kepemimpinan
· Ekstrakulikuler
· Meningkatkan organisasi yang berorientasi pada iptek dan imtak
· Mengadakan hubungan kerjasama dengan organisasi serupa dengan sekolah lain
· Mmeningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah
· Mengadakan IHT kepemimpinan siswa
· Mengadakan studi banding ke organisasi OSIS lain yang sudah mapan
· Memiliki jumlah dan mutu ekstrakulikuler yang memadai
· Mendirikan kelompok ilmiah remaja
· Mengadakan lomba K6 tiap tahun
· Meningkatkan interaksi yang harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan
3. Ketenagaan
· Peningkatan profesionalisme guru dan karyawan
· Pembinaan secara rutin
· Mengadakan Work Shop
· Mengadakan IHT
· Mengikutsertakan guru dan staf TU ke penataran, pelatihan, seminar, dan MGMP/MGP
· Melengkapi referensi sesuai dengan kebutuhan
· Supervisi internal secara berkala
4. Sarana prasarana
· Pengadaan sumber, media, alat pembelajaran sesuai SPM
· Membangun lab Biologi, Kimia dan fisika
· Menginventasi sarana dan prasarana yg ada
· Merencanakan pemeliharaan pengadaan dan rehabilitasi sapras
· Membangun gedung olah raga dan kesenian
· Menata taman belajar
· Memperluas jaringan internet
· Mengadakan pemeliharaan, rehabilitasi dan pengadaan sapras.
5. Daya dan Biaya
· Bersama komite sekolah melakukan penggalangan dana dari ; Orang tua siswa, masyarakat, dunia usaha
· Mengajukan permohonan bantuan dana dari APBN dan APBD
· Menghimpun dana abadi pendidikan
· Menyusun RAPBS dan APBS sekolah
· Memilih petugas yang cakap dan jujur
· Menyelenggarakan pengadmistrasian keuangan yang transparan dan akuntabilitas
· Membuat laporan keuangan
6. Manajemen
· Melaksanakan School reform and classroom reform
· Melaksanakan action reseacrh
· Mengadakan supervisi internal
· Menyusun program perencanaan pengorganisasian staf Pengadminstrasian
· Pelaksanaan kegiatan Evaluasi kegiatan
7. Hubungan Masyarakat
· Pertemuan komite sekolah ; Rapat pleno, Rapat bulanan, Rapat khusus.
· Hubungan kerjasama dengan ; lembaga pendidikan, dunia usaha/kerja dan instasi
· terkait.
· Pertemuan rutin dan berkala dengan komite sekolah
· Mengadakan dan memperbaharui MOU dengan rekanan
· Mengevaluasi hasil kerja
BAB IV
PROGRAM KERJA TAHUNAN
I. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi Sekolah
Menghasilakan tulusan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan global mampu berkompetensi di tingkat pendidikan yang lebih lanjut dan berhasil dalam kehidupan di masyarakat secara mandiri .
2. Misi Sekolah
1. Meningkatkan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan sekolah
2. Memberikan keteladanan etika dan moral agar siswa bertingkah laku sesuai dengan norma ajaran agama yang dianutnya.
3. Menumbuhkan pemahaman terhadap ajaran agama, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
4. Melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi mandiri.
5. Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam menumbuhkan sikap optimisme dalam menyikapi hidup dimasa yang akan datang.
6. Memberikan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa baik secara akademik maupun non akademik.
7. Melaksanakan pelayanan dan bimbingan kepada para siswa agar setiap siswa berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam kehidupannya.
3. Tujuan Sekolah
1. Pada tahun pelajaran 2009-2010, siswa memiliki akhlak mulia dan menjadi tauladan masyarakat.
2. Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan nilai rata-rata ujian akhir.
3. Pada tahun pelajaran 2009-2010 menjadi finalis olimpiade mata pelajaran pada tingkat Kabupaten.
4. Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui jalur PMDK.
5. Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.
6. Pada tahun pelajaran 2009-2010 terjadi peningkatan lulusan yang dapat bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
7. Pada tahun pelajaran 2009-2010 lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi maupun yang tidak bekerja baik pada instansi pemerintah maupun swasta mampu hidup secara mandiri.
II. IDENTITFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1. Perangkat Kurikulum Tahun 2004 belum lengkap, tantangan nyata; perlu melengkapi perangkat kurikulum tahun 2006.
2. Belum memiliki Dokumen/perangkat kurikulum sekolah berstandar internasional, tantangan nyata: Perlu mengupayakan tersedianya dokumen/perangkat kurikulum sekolah berstandar internasional.
3. Masih adanya guru dan Tata Usaha yang masih belum faham tentang kurikulum dan sistem pengujian berbasis kompetensi, tantangan nyata: perlu adanya sosialisasi implementasi kurikulum dan sistem pengujian berbasis kompetensi (KTSP) dan pembekalan kecakapan hidup (life skill) melalui penataran.
4. Kompetensi guru terhadap KTSP masih kurang, tantangan nyata: perlu adanya peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan pelaksanaan KTSP dan life skill melalaui penataran.
5. Silabus untuk KTSP belum tersusun, tantangan nyata: Melalui In House Training (IHT) perlu diadakan penyusunan silabus berdasarkan KTSP untuk setiap mata pelajaran yang telah megintegrasikan life skill.
6. Belum tersusunnya perangkat perangkat penilaian berdasrakan KTSP, tantangan nyata: Melaui MGMP perlu penyusunan perangkat Penilaian Berbasis Kompetensi untuk setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill. .
7. Penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan masih belum optimal dilaksanakan oleh guru, tantangan nyata: optimalisasi penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan (joyful learning).
8. Komputerisasi data personil dan data siswa belum lengkap dan menyeluruh, tantangan nyata: peningkatan komputerisasi data personil dan data siswa yang lengkap dan menyeluruh.
9. Belum optimalnya pemberdayaan administrasi dan manajemen sekolah, tantangan nyata: mengoptimalkan pemberdayaan administrasi dan menajemen sekolah. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
10. Belum memiliki rekanan kerjasama dengan lembaga pendidikan di luar negeri, tantangan nyata: mengadakan rekanan dengan lembaga pendidikan yang berada di luar negeri/lembaga pendidikan di dalam negeri yang berstandar.
11. Pada saat ini memiliki 1 ruang laboratorium IPA (Kimia) yang kondisi ruangannya kurang memadai dan satu laboratorium komputer yang peralatannya cukup legkap, tantangan nyata: 1) membangun 2 Ruang laboratorium IPA (Fisika dan Biolgi) serta melengkapi meubelair dan peralatannya, 2) melengkapi peralatan Laboratorium Komputer, 3) melengkapi Laboratorium Bahasa dengan meubelair dan peralatannya dan melengkapi Lab.IPS.
12. Sekolah belum memiliki jaringan air bersih yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan warga sekolah, tantangan nyata: pengadaan jaringan air bersih melalui peralonisasi.
13. Sekolah tidak memiliki halaman yang luas, dan belum tertata dengan baik, tantangan nyata: menata ulang halaman sekolah agar indah, rapi, bersih dan nayaman.
14. Kekurangan 9 (sembilan) lokal kelas yang memiliki fasilitas dan berstandar nasioal dan memadai, tantangan nyata: Membangun 9 (sembilan) lokal ruag yang dilengkapai oleh meubelair dan peralatan berstandar nasional.
15. Sumber, media, dan alat pembelajaran berupa 6 (enam) buah in fokus, 3 (tiga) buah VCD, 5 buah laptop serta melengkapi alat pembelajaran yang berteknologi tinggi.
16. Profesioalisme guru dan tenaga tata usaha belum maksimal, tantangan nyata: memfasilitasi tenaga guru dan tata usaha untuk mengembangkan profesionalisme melalui IHT, Work Shop, Pelatihan, Penataran dan sejenisnya.
17. Jumlah guru mata pelajaran yang statusnya PNS sudah memadai tetapi banyak guru yang kekurangan jam mengajar, tantangan nyata: mengusulkan agar secepatnya mengadakan penataan kembali guru PNS untuk SMA Negeri 1 Cimahi -
18. Jumlah Personil Tata Usaha masih kurang, tantangan nyata: melengkapi jumlah personil melalui pengangkatan PNS/Honorer.
19. Belum memiliki tenaga laboran, tantangan nyata: mengangkat 1 (satu) orang tenaga laboran.
20. Jumlah tenaga khusus keamanan kurang memadai, tantangan nyata: mengangkat 1 (satu) tenaga keamanan / SATPAM.
21. Rata-rata siswa yang fasih berbicara Bahasa Inggris pada saat ini 15%, tantangan nyata: pada tahun 2009 jumlah siswa yang fasih berbicara Bahasa Ingrris 30%.
22. Pada saat ini belum cukup memiliki kelompok siswa yang bergabung dengan English Club, tantangan nyata: Pada Tahun 2009 telah memiliki kelompok siswa yang tergabug dengan English Club.
23. Pada saat ini hanya memiliki 1 siswa yang lolos ke Olympiade IPA ke tingkat Kabupaten, tantangan nyata: tahun 2009 memiliki 2 (dua) siswa yang lolos tingkat Kabupaten dan menjadi wakil kabupaten untuk tingkat propinsi.
24. Pada saat ini belum memiliki siswa yang berprestasi dalam berbagai lomba kebahasaan tingkat propinsi, tantangan nyata: pada tahun 2009 memiliki sejumlah siswa yang berprestasi dalam bidang bahasa tingkat propinsi.
25. Pada saat ini belum mampu meraih kegiatan olahraga yang berprestasi pada tingkat provinsi, tantangan nyata: meningkatkan prestasi dalam bidang olah raga sampai tingkat nasional.
26. Budaya baca pada siswa masih rendah, tantangan nyata: Meningkatkan gemar membaca pada siswa melalui program 1 jam wajib baca/minggu.
27. Dana yang tersedia untuk peningkatan profesional guru dan staf tata usaha masih rendah, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan dana untuk mengembangkan profesionil sekolah.
28. Dana untuk peningkatan kreativitas dan kualitas belajar siswa masih rendah, tantangan nyata: Mengupayakan peningkatan dana/biaya untuk pengembangan kreativitas siswa dan peningkatan kualitas belajar siswa.
29. Sekolah belum memiliki dana abadi, tantangan nyata: merintis tersedianya dana abadi.
30. Pada Tahun Ajaran 2007-2008 siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit hanya 40%, tantangan nyata: Pada Tahun Ajaran 2009-2010 diupayakan meningkat menjadi 70%.
31. Pada saat ini hanya memiliki satu group nasyid yang belum aktif, tantangan nyata: membentuk dan melatih 2 group kesenian nasyid.
32. Membina hubungan kerjasama dengan Komite Sekolah, orang tua dan masyarakat, Tantangan nyata: meningkatkan hubungan kerjasama yang harmonis antara sekolah, komite sekolah, orang tua dan masyarakat.
33. Sekolah belum memiliki forum komunikasi dengan alumni yang permanen, tantangan nyata: membentuk forum komunikasi alumni SMA Negeri 1 Cimahi yang permanen.
34. Kultur sekolah belum terealisasikan dalam keseluruhan aktivitas sekolah, tantangan nyata: membangun kultur sekolah yang terinternalisasikan dalam keseluruhan aktifitas sekolah dan menjafi bagian yang tidak terpisahkan dengan warga sekolah.
III. SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH.
Sasaran SMA Negeri 1 Cimahi untuk Tahun 2009-2010 adalah sebagai berikut:
· Melengkapi perangkat kurikulum .
· Mengupayakan tersedianya dokumen/perangkat kurikulum sekolah yang berstandar internasional.
· Melaksanakan sosiasilasi dan impelementasi KTSP dan Life Skill.
· Peningkatan kompetensi guru dalam rangka persiapan KTSP dan life skill.
· Mengadakan IHT untuk menyusun perangkat penilaian berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill.
· Melaksanakan MGMP untuk menyusun perangkat penilaian berbasis kompetensi setiap mata pelajaran yang telah mengintegrasikan life skill.
· Mengoptimakan penggunaan metode yang bervariasi dan menyenangkan (Joyfull learning
· Peningkatan komputerisasi data personil dan data siswa yang lengkap dan meyeluruh.
· Mengoptimalkan pemberdayaan administrasi dan menejemen sekolah.
· Mengadakan rekanan dengan lembaga pendidikan yang berada di luar negeri/di dalam negeri yang berstandar internasional.
· Melengkapi laboratorium fisika dan laboratorium komputer, serta membuat laboratorium biologi, kimia, dan Lab IPS.
· Pengadaan jaringan air bersih.
· Penataan halamn sekolah.
· Menata dan merenovasi kebun sekolah menjadi taman baca dan t
dirincikan lebih bagus biar lebih jelas
BalasHapustranks
BalasHapusSemoga bernilai ibadah dan bermanfaat, tulisannya!
BalasHapusterima kasih semoga bermanfaat
BalasHapusterima kasih
BalasHapusterima kasih
BalasHapusterima kasih sangat bermanfaat semoga penuh berkah aamiin
BalasHapus